saran lagu klasik



Halo! Udah lama ga ngepost nih wkwk Aku mau ngasih saran lagu klasik buat kalian yang mau belajar lagu klasik di piano nih. Ini menurut aku, maaf kalo ada yang terganggu. Yang terganggu boleh kasih kritik di komen :)
1.       Invention no. 1 (J. S. Bach)
Kalo menurut aku lagu ini tuh buat kecepatan penjarian tapi tanpa chord gitu. Jadi buat kalian yang jarinya ‘kurang panjang’ bisa latihan ini dulu buat ngelatih kecepatan memencet tuts tanpa salah.
2.       Arabesque (J. F. Burgmuller)
Ini tangan kanannya hampir sejenis sama Invention, cuma kirinya udah main chord. Lagunya termasuk pendek, di buku aku cuma 1 halaman.Tapi menurut aku tingkat kesulitannya lebih susah Invention sih, trus panjangan Invention.
3.       Fur Elise (L. v. Beethoven)
Nah ini, kalo kalian mau yang rada susah daaaan pengen orang langsung tau ini lagu apa pas pertama kali kalian main, ya ini. Tapi ada beberapa orang yang bosen + takut sih wkwkw. Pertama kali hal yang memotivasi aku buat bisa main lagu ini yaa nakutin orang. Caranya mainin pas malem-malem. Lumayan serem sih di komplekku wkwk *jahat. Yah tapi setelah ngedenger lagu ini lagunya emang enak. Cocok buat galau *eh. Nggak kok, tapi emang enak. Untuk lagu ini, gampang-gampang susah. Gak sesusah lagu-lagu Chopin. Jarinya harus terlatih cepet. Soalnya ini lagu pertamanya doang yang lambat. Tengahnya waaaaaw
4.       Turkish March (W. A. Mozart)
Waktu itu aku pernah liat di blog orang, lagu ini tuh gampang, anak sd aja bisa. Gampaaaang~ Ini lagunya enak. Dan emang termasuk gampang susah  gampang susah  gampang. Walaupun setiap part itu diulang, tapi nggak ngebosenin. 5 halaman pertiturnya di bukuku. Temponya cepet.
5.       Tristesse / Chanson de L`adieu (F. F. Chopin)
Judulnya kalo gaksalah itu. Mau manjangin jari? Latihan lagu ini nih. Jarinya harus kuat. Pendek gamasalah, yang penting kuat. Pertamanya sediiih, tengahnya edan-_- Kalo menurut aku, lagu ini lebih sedih dari Fur Elise.
6.       Fantaisie-impromptu (F. F. Chopin)
Ini lagu favoriiit banget. Mengandalkan tempo yang cepet. Panjang partiturnya. Waktu itu pernah ngitung tapi sekarang lupa. Sekitar 10 halaman. Waktu itu aku pernah nyoba, di bagian pertama aku langsung stress-_- Jari dituntut harus panjang gitu kayaknya. Sebel. Tapi baguus ;_;

Udahan dulu ya. Kalo mau tambah tambah coba deh cari etude-etude nya Chopin. Mantap loh. Semoga bermanfaat!

Komentar

Postingan Populer