Bittersweet Memory: Pengalaman Tes di Politeknik Imigrasi (POLTEKIM)


Nyeongan! /blink

Disini aku akan menceritakan pengalamanku tes di Politeknik Imigrasi atau Poltekim pada tahun 2017. Ceritanya agak mendetail karena disamping aku ingin sharing (((siapa tau berguna))), aku juga ingin pengalaman ini ada 'bekas'nya alias tida terlupakan alias juga bukan berarti aku ingin menyombongkan diri (disclaimer!). Penjelasan tentang apa poltekim itu sendiri udah banyak di sites lain jadi langsung aja.


Tesnya sendiri ada 7 tahapan, yaitu seleksi administrasi, tes kemampuan dasar, tes kesehatan, tes kesamaptaan, tes wawancara dan psikotes, dannnn tes pengamatan fisik dan keterampilan.

πŸ”΅ SELEKSI ADMINISTRASI
πŸ“… 28 April 2017
Yaaaa seleksi berkas layaknya institusi-institusi lainnya lah yaa. Pertama bakal diseleksi online terlebih dahulu, kalau lolos berkas kalian bakal langsung dicek di kampus BPSDM di cinere. Kalian bakal di cek TB dan BB, dan dikasi kartu tes peserta yang bakal dipake sampe akhir tes. Ini masa-masa dimana aku tercengang melihat betapa sigapnya mas-mas dan mba-mba serta taruna disana untuk melayani para catar. Salut!

πŸ”΅ TES KEMAMPUAN DASAR
πŸ“… 6 Mei 2017
Ini dasarnya dari BKN, tesnya kaya Tes CPNS CAT alias pake komputer dan skor kalian bakal  ditayangin 'on-air' di luar ruangan dan bisa dilihat sama ortu/pengantar kalian. Waktu itu pas ngerjain soal aku deg-degan parah karena hasil tes langsung terpampang jelas di layar saat kita mengakhiri pengerjaan soalnya. Alhamdulillah nilaiku diatas kkm dengan rincian TIU 125 TWK 100 TKP 164. Tes kali ini bertempat di BKN Cililitan.
πŸ“ŒTips : Pinjam atau beli buku soal latihan tes CPNS karena itu b e r g u n a  b a n g e t apalagi di TWK yaampun. Hafalin juga itu UUD 45. Kalian bisa cari di google juga untuk latihan online tes CPNS. KKM : TIU 75 TWK 70 TKP 126

πŸ”΅ TES KESEHATAN
πŸ“… 18 Mei 2017
Tes ini diperiksa oleh dokter-dokter yang berkompeten dan cewek-diperiksa-cewek cowok-diperiksa-cowok di BPSDM. Pokoknya selama kalian gaada penyakit yang berat, kalian bisa lolos insya Allah. Usahain saat tes baca, mata kalian harus jeli yaaa. Usahain juga untuk ukuran bagian tubuh manapun kalian masuk mendekati normal kaya tensi, kesehatan gigi, atau varises, etc.
πŸ“ŒTips : Sebelumnya kalian harus sarapan dan tidur nyenyak dan tida boleh doki-doki alias deg-degan!

πŸ”΅ TES KESAMAPTAAN
πŸ“… 24 Mei 2017
Kali ini bertempat di Mako Brimob Kelapa Dua. Tesnya: a. lari 12 menit, 400 m kalo gasalah; b. push up, sit up, chinning up, dan shuttle run. Aku berhasil dapet 4,5 puteran, pu 29 su 39 cu 49 dan sr 21 detik. Shuttle run dihitung waktunya, caranya kita buat angka 8 mengitari 2 tiang. Udah itu aja. Kabarnya sih penilaiannya kaya tes polri yaa cuma balik lagi ya itu rahasia panitia.
πŸ“ŒTips : S A R A P A N !!!! Dan latihan juga tentunya. Jangan lupa juga bawa minum seliter kek 2 liter kek yah pokoknya cukup untuk mengobati haus kalian. Alhamdulillah disana dikasih waktu jeda istirahat yang cukup untuk mempersiapkan diri juga menghadapi cabang tes yang lainnya.

πŸ”΅ TES PSIKOTES
πŸ“… 7 Juni 2017
Tes psikotes ini diadakan di BPSDM selang 1 hari dengan tes wawancara. Tesnya itu sejenis tes IQ, lalu ada test koran jugaa. Tahunku gaada tes menggambar.
πŸ“Œ Tips : Pelajari soal-soal yang ada di buku psikotes dan IQ, download dan print juga contoh soal tes Pauli, dan latih diri kalian agar bisa makin cepet dan cepet dalam berhitung. Denger-denger sih minimal 2500 angka yang dijumlahin dengan batas naik turunnya max 30. Gangerti ya? Saat kalian mau tes juga ntar ngerti sendirinya kok wkwkkw

πŸ”΅ TES WAWANCARA
πŸ“… 9 Juni 2017
Serangkaian sama tes psikotes. Wawancara tentang diri sendiri aja. Untuk tips bisa dicari di site lain dengan keyword "tes wawancara kerja", atau "tes wawancara kedinasan".

πŸ”΅ TES PENGAMATAN FISIK DAN KETERAMPILAN alias PFK
πŸ“… 7 Juli 2017
Puncaknya!! Aku gugur disini hiks hiks. Jadi disini adalah tes-menjual-bakat-kalian. Kalian bisa bawa sertifikat dan alat peraga untuk menunjukkan bakat kalian. Aku sendiri bawa biola, dan menunjukkan sedikit bermain keyboard dan kibot nya disediain disana. Aku bawa lagu Tanah Airku dan sekarang agak baper sih kalo denger lagu itu... Di tes juga kemampuan berbahasa dan k e w a r g a n e g a r a a n kalian oleh para pejabat yang sudah pasti berpengalaman dan sangat berkompeten di bidangnya. Pbb juga harusnya di test cuma aku tidak.
πŸ“Œ Tips : Kamu punya sertifikat juara apapun itu, bawa aja. Belajar terus, berusaha terus, dan berdoa terus. Serahkan semua hasilnya pada Yang Diatas.

Sekian dulu cerita dari saya. Ternyata tidak mendetail banget banget ya huhe. Untuk tips keseluruhannya ya jangan lupa berdoa, jaga kesehatan, dan berusaha juga tentunya. Jangan lupa juga untuk minta restu ke orang sekitar. Biasanya di instagram juga banyak bertebaran orang yang mau buat grup-grup sesama pejuang, ikutin aja. Bermanfaat banget apalagi yang tesnya bukan di hari-hari pertama huehehehehe. Banyak-banyakin juga tuh yang namanya senyum dan mencari teman baru. Kalo capek di tengah-tengah perjuangan inget alasan kenapa kalian bisa mampu bertahan sampe sejauh itu. Semoga apa yang disemogakan terjadi, semangat '45 wahai para pejuang!

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Kalo tes ketrampilan atau pfk selain musik misal olahraga gimana itu gan? Nampilin bakan olahraga kita atau gimana?

    BalasHapus
  3. kak , tes berbahasa ny itu klo bleh tau diuji yg seperti ap kk?

    BalasHapus
  4. Yang mau daftar poltekim tahun sekarang ada grup di WA atau apa, ada gak?

    BalasHapus
  5. Yang mau daftar poltekim tahun sekarang ada grup di WA atau apa, ada gak?

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Permisi kak boleh minta emailnya? Saya mau tanya tentang surat lamaran kak

    BalasHapus
  8. Kasih sarannya doang untuk gigi yg bolong lebih baik di cabut apa di tambal, soalnya bolongnya lumyan parah.

    BalasHapus
  9. Kasih sarannya doang untuk gigi yg bolong lebih baik di cabut apa di tambal, soalnya bolongnya lumyan parah.

    BalasHapus
  10. Kak, tes kesehatannya berupa apa aja?

    BalasHapus
  11. Terimakasih sangat membantu sharingnya,ijin tanya pada tes poltekim apa ada tes akademik?

    BalasHapus
  12. Terimakasih sangat membantu sharingnya,ijin tanya pada tes poltekim apa ada tes akademik?

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Untuk test pfk keterampilan kan ada test kemampuan kewarganegaraan maksudnha bagaimana ya

    BalasHapus
  15. Kalau memakai gigi palsu bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ttp kelihatan , mending ditmbal kalo giginya yg bolong dibelakang, yg gak boleh itu kalo gigi bolong/dicabut dibagian depan, itu bisa Tms

      Hapus
  16. Kalau mata minus 1 gimana yah??

    BalasHapus
  17. Kalo gigi tidak rapih gimana atau songgar?

    BalasHapus
  18. Kalo gigi gak rapih gimana min? Makasih

    BalasHapus
  19. Kalau gigi sudah ada yang dicabut itu gimana? Max gigi yg boleh dicabut atau tidak ada brp yah?

    BalasHapus
  20. Kak kalo mata minus satu nggak bakal lolos ya?

    BalasHapus
  21. maaf klo gigi ada bks tambalan lolos gk y?
    sistemmya sama kyk msk akpol gitu ndak sih?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer